• Jelajahi

    Copyright © Suara Banten Post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Wujudkan Tangerang Gemilang, Puskesmas Cisoka Tingkatkan kualitas Pelayanan Kesehatan.

    SUARA BANTEN POST
    Minggu, 18 September 2022, 18.08 WIB Last Updated 2022-09-18T11:52:42Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     

    Tangerang - suarabantenpost.com

    Puskesmas Cisoka, Kabupaten Tangerang, bertekad memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Tekad ini adalah wujud dari Motto Kabupaten Tangerang Gemilang. Senin (19/9/2022).


    Dikatakan Kepala Puskesmas Cisoka dr.Endah Dwi Putrianti MARS mengatakan, Terkait pelayanan yang ada di puskesmas Cisoka dimana kegiatan kami terdiri atas kegiatan UKP dan UKM yang dimana telah kita ketahui bersama, puskesmas mempunyai peran promotif, preventif dan kuratif untuk masyarakat khususnya masyarakat Cisoka.


    "Sebagaimana misi kami yang salah satunya Meningkatkan kemudahan dan mutu pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat Cisoka, kami memiliki berbagai pelayanan-pelayanan kuratif dimulai dari pelayanan puskesmas Cisoka memiliki 85 Staff terdiri dari.

    4 Dokter umum, 4 Dokter Gigi, 1 Perawat Gigi, 14 Perawat, 22 Bidan, 3 petugas Nutritionist, 2 Petugas Promkes, 2 petugas Kesling 2 Analis, laboratorium, 2 administrasi laboratorium, 5 Apoteker, 2 Asisten Apoteker, 1 Rekam Medis, 5 Tenaga administrasi, 5 petugas keamanan, 3 Driver ambulance, 5 Pekarya, kami merupakan puskesmas Rawat inap dan rawat jalan yang terakreditasi Utama," paparnya.


    Pelayanan IGD 24 Jam, Persalianan 24 Jam. Pelayanan Poli yang terdiri dari, Poli Umum untuk masyarakat yang berusia 5 tahun ke atas. Poli KIA yaitu Kesehatan Ibu yang melayanin pemeriksaan ibu hamil yang di tunjang dengan pelayanan USG yang kami buka setiap hari kerja dan juga pelayanan KB, poli Anak untuk pelayanan anak bayi 0 – 5 tahun, yang dimana puskesmas Cisoka menjadi puskesmas ramah anak.


    Poli TB paru yang kami khusus kan baik pelayanan serta tempatnya yang sudah sesuai standar yang kami buka setiap hari pula, poli Kusta yang mengobati penyakit kusta di buka pada hari kamis, selain Poli, pelayanan penunjang lain pun ada.


    di puskesmas Cisoka seperti konseling Gizi yang dimana selain pasien yang langsung datang untuk konseling terkait masalah gizi, tetapi konseling gizi pun dilakukan berdasarkan rujukan internal dari poli-poli yang ada di puskesmas cisoka yang membutuhkan konseling gizi untuk pasiennya.


    Konseling Kesehatan Jiwa dimana pada poli kesehatan jiwa menangani masalah ODGJ & ODMK dari mulai skrining sampai dengan penanganan masalah kejiwaan lebih lanjut Konseling HIV-AIDS dan IMS yang dimana konseling untuk pasien-pasien yang beresiko ataupun sudah terpapar penyakit HIV-AIDS untuk skrining awal atau pengobatan secara rutin, yang pada pelayanannya pelayanan konseling HIV – AIDS memiliki inovasi yaitu. 

    KOPI PUSAKA yaitu konseling secara online. Konseling Remaja yang di buka setiap hari jumat," tegasnya.


    Klinik sanitasi yang dibuka setiap hari kerja, Pelayanan Imunisasi setiap hari selasa dan kamis. Kami juga konsen terhadap pelayanan Lansia, sehingga di Puskesmas Cisoka terdapat Poli Lansia yang dimana lansia mendapatkan pelayanan yang khusus sehingga lansia dilayani dengan aman dan nyaman. Dimulai dari pendaftaran khsusus poli lansia yang di prioritaskan, ruang tunggu yang khusus, sampai dengan pelayanan – mendapatkan obat di ambilkan oleh petugas.


    Puskesmas Cisoka menjunjung tinggi kebersihan lingkungan puskesmas yang sehat, mulai dari system pengolahan Limbah Cair kami memiliki IPAL, TPSMS (Tempat Penyimpanan Sampah Medis Sementara) yang sudah dirancang sebagai penyehatan Puskesmas," pungkasnya.


    dr.Endah Dwi Putrianti MARS juga menambahkan, Dalam menangani pasien, pihaknya selalu mengacu SOP (Standar Operating Procedure) yang berlaku. Dalam pelayan kesehatan kita terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat seperti halnya peningkatan status puskesmas rawat inap.


    "Mulau dari infarastuktur kesehatannya, tenaga medis berupaya untuk kita tingkatkan. Seperti halnya hari ini kita galang komitmen pelayanan agar lebih baik," ucapnya.


    Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, melalui Puskesmas Cisoka, senantiasa berupaya mengembangkan dan meningkatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama dalam penyediaan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar pelayanan.

     

    "Puskesmas Cisoka  juga berupaya meningkatkan upaya Kesehatan Perseorangan, meminimalkan risiko dengan peningkatan pencegahan, penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit dan memulihkan kesehatan perseorangan serta melaksanakan Upaya Kesehatan Masyarakat dalam mendukung pencapaian standar pelayanan minimal bidang kesehatan," ungkapnya.


    Puskesmas Cisoka termotivasi untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan Puskesmas dapat mengidentifikasi masalah kesehatan yang terjadi, masyarakat wilayah kerjanya sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas semakin meningkat.


    Begitu juga dalam penanganan pasien, jajarannya selalu memaksimalkan pelayanan kesehatan. 


    "Jika memang pasien perlu dirujuk, tentu kami akan lakukan dan tindaklanjuti untuk merujuk ke rumah sakit terdekat sesegera mungkin tanpa menunda-nunda waktu. Semua itu tetap mengacu SOP," tegasnya.


    Meningkatkan kualitas pelayanan khususnya dalam pembangunan kesehatan salah satunya adalah dengan melakukan peningkatan status dan kualitas pelayanan kesehatan melalui Puskesmas yang merupakan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di wilayah Kabupaten Tangerang. Puskesmas merupakan ujung tombak dari pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 


    "Diharapkan puskemas cisoka ini dapat dijadikan sebagai salah satu langkah yang tepat dalam meningkatkan kinerja pelayanan dan fasilitas kesehatan di Puskesmas Cisoka, agar tingkat kepuasan masyarakat dapat terus meningkat dan terjaga kualitas pelayanannya," ujarnya.


    Red SBP/Andi F

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sosial

    +