• Jelajahi

    Copyright © Suara Banten Post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    wow...Pantastic..!" Program Bibit Hewan Ternak Desa Pasir Gintung Jayanti diduga disunat Oleh Bagian Pengadaan. Program 12 Ekor Yang diterima 5 Ekor.

    SUARA BANTEN POST
    Rabu, 15 Februari 2023, 14.39 WIB Last Updated 2023-02-15T07:39:48Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini







    Sarnin dan istri  saat dikonfirmasi awak media 


    Kab.Tangerang,| suarabantenpost.com


    Program pemberdayaan masyarakat bidang pertenakan bibit hewan jenis kambing yang di anggarkan dari Dana Desa (DD), Desa Pasir Gintung Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang Provinsi Banten kini disoroti LSM Gema Indonesia.(Gerakan Masyarakat Adat Indonesia).


    Ferry Anis Fuad SH.MH. ketua umum LSM Gema Indonesia dalam komentarnya terkait program pemberdayaan bidang pertenakan bibit hewan ternak kambing mengatakan.


    "Hasil investigasi dan evaluasi pada fisik bibit hewan ternak kambing yang diterima oleh masyarakat desa pasir Gintung kecamatan Jayanti hanya 5 Ekor saja, seharusnya yang tersalurkan ke masyarakat sebanyak 12 Ekor kambing. Perlu diketahui Pembelian bibit hewan ternak tersebut dari anggaran desa pasir Gintung tahun 2022 sebanyak 20%." Kata Ferry.


    Lanjut Ferry, "camat Jayanti Yandri Permana ketika saya klarifikasi terkait dugaan belum maksimal nya penyaluran bibit hewan ternak kambing kepada masyarakat Desa Pasir Gintung melalui aplikasi WhatsAppnya Camat Jayanti menjawab" Terima kasih atas respon pengawasannya, Kami belum memanggil secara resmi. Karena rencana bulan ini kami ada jadwal untuk lakukan evaluasi dana desa 2022, melibatkan semua desa. Apa saja yang  menjadi kekurangan tentunya nanti menjadi bahan pembinaan dan pelaporan ke Inspektorat," jawab Camat Jayanti.


    Jawaban camat Jayanti yang kedua," Terkait masalah pemberdayaan di Desa Pasir Gintung nanti akan kami dalami sejauh mana kekurangannya, karena ini masih ranah pembinaan, maka jika ada kekurangan maka kades akan diminta untuk memenuhi kekurangan tersebut atau dilakukan pengembalian dana ke KAS desa, Jadi seperti itu Pak Fery pola penerapan pengawasan dari kami dan pemkab, tidak semuanya masuk ke dalam unsur pidana.


    Ferry menambahkan, " Bahwa hasil temuan tersebut jelas itu adanya dugaan tindak pidana dan pihak berwajib baik krimsus Polda, kejari atau pun kejati perlu memanggil oknum kades tersebut karena jelas anggaran dana desa yang di pergunakan adalah 20% dari anggaran dana desa. Yang sudah lewat tahun." Tegas Ferry.


    Lanjut Ferry, " Dan untuk keterbukaan informasi publik juga pihak desa tidak memasang baleho di depan kantor desa yang seharusnya publik mengetahui jumlah anggaran dana desa yang di terima , ini pun sudah melanggar undang undang keterbukaan informasi publik (KIP)." Tegas Ferry. Selasa 14/02/23.


    Sarnin warga kampung Ranca Leutik Desa Pasir Gintung selaku penerima manfaat bibit hewan ternak kambing saat dikonfirmasi mengatakan, "kalau soal kambing, yang punya desa 5 Ekor sedangkan punya saya 2 ekor jadi dulu di kandang ada 7 Ekor Kambingnya ya.. Sekarang tersisa hanya 2 ekor saja, Kalau yang 4 ekor hilang karena ada yang mencuri termasuk punya saya juga dicuri. sedangkan 1 ekor mati. semua sudah saya laporkan ke desa pasir gintung, untuk foto dan berita acara ternak mati itu tanyakan saja ke pak kadesnya pak?, terang Sarnin saat itu didampingi istrinya.


    Masih dengan Sarnin," Penyerahan kambing dua kali, pertama 2 ekor dan kedua nya 3 ekor sekitar bulan September 2022 , kalau untuk kandangnya , ini mah punya saya pak, bukan pihak desa Pasir Gintung yang bikin. Sambung Sarnin.


    Saat dikonfirmasi beberapa awak media terkait program hewan ternak kambing, Sekertaris Desa Pasir Gintung Alik Fauzi membenarkan jika anggaran desa pasir Gintung untuk pemberdayaan masyarakat bidang pertenakan yaitu pembelian bibit hewan ternak 12 Ekor kambing yang di salurkan kepada masyarakat Desa Pasir Gintung.

    "Pak kadesnya sedang rapat dikantor kecamatan, jika terkait program pemberdayaan masyarakat bidang pertenakan bibit hewan ternak kambing yang disalurkan kepada masyarakat Desa Pasir Gintung sebanyak 12 Ekor, itu dari anggaran DD pasir Gintung. Sudah ya pak saya buru-buru mau ke kantor kecamatan Jayanti" Ujar Sekdes Alik, sambil tergesa-gesa hendak ke kantor kecamatan Jayanti.


    Saat dikonfirmasi kades pasir Gintung Sultan melalui aplikasi WhatsApp, sampai Berita ini disiarkan Kades pasir Gintung belum menjawab pertanyaan dari awak media tentang pengadaan bibit hewan ternak.

    Hanapi ipex SBP//.*

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sosial

    +