• Jelajahi

    Copyright © Suara Banten Post
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    BPI KPNPA RI Apresiasi Kejari Serang SudahTahan Tersangka Baru Kasus Korupsi Penyewaan Aset Stadion Maulana Yusuf dan Respon Laporan Lembaga

    SUARA BANTEN POST
    Jumat, 09 Agustus 2024, 10.29 WIB Last Updated 2024-08-09T03:29:51Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


     




    Jakarta Suarabantenpost.com Ketua Umum BPI KPNPA RI Tubagus Rahmad Sukendar kembali memberi Apresiasi Kejari Serang sudah menindak lanjuti aduan kasus korupsi yang disampaikan BPI KPNPA RI kepada Kejaksaan 


    Tebe Sukendar dalam wawancara dengan awak media di Kantor Pusat BPI Tower jakarta Jumad (09/08/2024), menyampaikan bahwa BPI KPNPA RI dalam waktu dekat akan memberikan Penghargaan BPI Award kepada Kejari Serang atas prestasi sudah berhasil mengungkap dan menetapkan tersangka di kasus dugaan korupsi penyewaan Asset Pemkot Stadion Maulana Yusuf Kota Serang.


    BPI KPNPA RI mendukung penuh Kejaksaan dalam mengungkap kasus tindak pidana korupsi di Banten dan Ketua Umum BPI KPNPA RI sudah memberikan petunjuk langsung kepada Jajaran BPI KPNPA RI Propinsi Banten untuk bergerak cepat melakukan penelitian dan pengumpulan data juga membuka kontak pengaduan masyarakat terkait adanya kasus tindak pidana korupsi di propinsi Banten 


    Alhamdulilah ada satu laporan kasus tindak pidana korupsi yang dilaporkan BPI KPNPA RI Banten kepihak kejaksaan mendapat tindak lanjut dan sudah berproses naik ke tingkat Penyidikan 


    Seperti diketahui Kejaksaan Negeri Serang sudah melakukan Penahanan terhadap S Kadisparpora dan BA pengusaha juga ikut ditahan sebagai pihak ketiga yang melakukan pengelolaan pada aset seluas 5.689,83 meter persegi yang dibangun ruko untuk pedagang.

    "Kami hari ini juga menetapkan tersangka baru untuk kasus korupsi yang kemarin saya bilang, hari ini pihak ketiga kami lakukan tindakan hukum menyusul yang inisial S kemarin, hari ini inisialnya BA, yang bersangkutan adalah pihak ketiga yang bekerjasama dengan S yang juga tidak sesuai prosedur, yang bersangkutan sudah menerima uang sewa atas 59 bangunan ruko sebesar Rp 457 juta," kata Kajari Serang Lulus Mustofa kepada wartawan, Kamis (8/8/2024).


    Ia melanjutkan tersangka BA mendapatkan izin pengelolaan diduga atas nama pribadi bukan bentuk mengatasnamakan perusahaan. Penyidik masih melakukan pendalaman terkait pihak lain yang diduga terlibat.


    "Dia sebagai yang bekerja sama melakukan penyewaan lahan seluas 5.689,83 meter persegi bertempat di Stadion Maulana Yusuf," jelasnya.



    Sejauh ini, seluruh saksi yang diperiksa pada pengelolaan aset stadion ada 25 orang termasuk tersangka. Berdasarkan hasil penghitungan Kantor Jasa Penilai Publik bahwa kerugian negara yang timbul akibat penyewaan aset ini senilai Rp 483 juta.


    "Seusai dengan KJPP itu sebesar Rp 483 juta itu sebagaimana appraisal yang diminta Pemkot namun kenyataan tidak diterima pemkot," paparnya.



    "Hari ini kami tahan di rutan serang selama 20 hari ke depan di Rutan Klas IIB Serang," tegas Lulus.


    Kejari Serang sebelumnya menahan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Serang Sarnata di kasus ini. Ia ditahan karena melakukan kerja sama pengelolaan dan penyewaan aset di area stadion tanpa prosedur.


    "Jadi yang bersangkutan, tersangka S melakukan perjanjian kerja sama dengan pihak ketiga tanpa melalui prosedur, sebelum perjanjian kerjasama ditandatangani minimal 2 hari sebelumnya harus membayarkan sewa, kenyataannya sampai hari ini uang sewa tidak dibayar, tidak ada pemasukan ke rekening kas umum daerah senilai sesuai perhitungan penilai publik Rp 483 juta," kata Kajari Serang Lulus pada Selasa (30/7/) lalu.


    Proses sewa itu dilakukan terhadap tanah kosong milik Pemkot Serang tertanggal 16 Juni 2023. Saat ini, sudah dibangun kurang lebih 59 tempat lapak pedagang dan masih ada proses pembangunan.

    (E Teguh Iman)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini